PEKAN 4 SPAI : PENERAPAN ISLAMISASI SAINS DALAM BERAGAM DISIPLIN ILMU




Assalamu'alaikum Warrahmatullah wabarakatuh


🌸(Apa kabar?) كىف حا لك؟


😇 Semoga selalu dalam lindungan Allah ya ikhwafillah 😇


         Pada hari sabtu, 23 Oktober 2021 telah dilaksanakan Webinar Tutorial SPAI 2021. Webinar kali ini dilaksanakan dari pukul 08:00-selesai. Mengingat belum diperbolehkannya melaksanakan kegiatan secara offline, webinar kali ini dilaksanakan secara online melalui Zoom. Adapun tema yang diangkat adalah "Penerapan Islamisasi Sains Dalam Beragam Disiplin Ilmu ". Acara webinar dibuka dengan pembacaan kalam Ilahi terlebih dahulu oleh saudari Rida Rizkia Sari dari kelas 3D PGSD. Adapun webinar ini diikuti oleh Angkatan 2019 Jurusan PGSD dan SIK. 

          Terdapat dua pembicara dari perwakilan kelas. Pembicara pertama adalah Febyranti dari kelas 3A PGSD. Pembicara kedua adalah Cakra Rahardjo dari kelas 3A PGSD. Dan dilanjut oleh pembicara ketiga oleh Bapak Drs. A. Toto Suryana, M.pd.. Ketiga pembicara membawakan materi yang sangat menarik mengenai Penerapan Islamisasi Sains Dalam Beragam Disiplin Ilmu. Hal ini membuat peserta begitu antusias dalam mengikuti jalannya webinar.


Hakikat Pengetahuan, Filsafat, dan Sains Modern

  • Hakikat Pengetahuan : Hasil dari suatu kumpulan proses pemikiran individu
  • Hakikat Filsafat : Universalitas dan kajian kedalam tentang sesuatu
  • Hakikat Sains Modern : Rantai kemajuan teknologi dan pengetahuan yang selalu saling melengkapi

Definisi Islamisasi dan Pra Syarat Islamisasi

Definisi Islamisasi

      Artinya adalah pengIslaman, pengIslaman dunia, bisa juga usaha mengIslamkan dunia.

Pra Syarat Islamisasi

  1. Menerima sifat bahwa ilmu itu tidak netral atau tidak bebas nilai (value free).
  2. Mampu mengidentifikasi pandangan hidup Islam (The Islamic Worldview) sekaligus mampu memahami budaya dan peradaban barat.

Contoh Penerapan Islamisasi Sains Pada Calon Guru SD

Guru harus memiliki wawasan keislaman yang mencukupi, minimal dalam disiplin ilmunya masing-masing. Guru harus memiliki kesadaran yang tinggi bahwa proses islamisasi ini adalah suatu kewajiban, dan ini merupakan usaha yang terbaik bagi masa depan siswa dunia dan akhirat. Guru harus menguasai ilmu agama dan juga ilmu pengetahuan yang ditekuni.

Langkah-langkah Islamisasi dan Tujuan Islamisasi Ilmu Pengetahuan

Langkah Islamisasi

  • Menguasai khazanah intelektual Muslim
  • Menguasai khazanah ilmu pengetahuan modern
  • Identifikasi kekurangan-kekurangan
  • Ilmu pengetahuan modern dalam perspektif ajaran Islam
  • Rekonstruksi ilmu pengetahuan agar selaras dengan ajaran Islam

Sebelum Memasuki Langkah tersebut, ada 12 Langkah yang harus ditempuh terlebih dahulu :

  1. Penguasaan disiplin ilmu modern: prinsip, metodologi, masalah, tema dan perkembangannya
  2. Survei disiplin ilmu
  3. Penguasaan khazanah Islam: sebuah ontologi
  4. Penguasaan khazanah ilmiah Islam: tahap analisis
  5. Penentuan relevansi Islam yang khas terhadap disiplin-disiplin ilmu
  6. Penilaian secara kritis terhadap disiplin keilmuan modern dan tingkat perkembangannya di masa kini
  7. Penilaian secara kritis terhadap khazanah Islam dan tingkat perkembangannya dewasa ini
  8. Survei permasalahan yang dihadapi umat Islam
  9. Survei permasalahan yang dihadapi manusia
  10. Analisis dan sintesis kreatif
  11. Penuangan kembali disiplin ilmu modern ke dalam kerangka Islam
  12. Penyebarluasan ilmu yang sudah diislamkan

Tujuan Islamisasi Ilmu Pengetahuan menurut Al-Faruqi

  1. Penguasaan disiplin ilmu modern
  2. Penguasaan khazanah Islam
  3. membangun relevansi Islam dengan masing-masing disiplin ilmu
  4. Memadukan nilai-nilai dan khazanah warisan Islam secara kreatif dengan ilmu-ilmu modern
  5. Pengarahan aliran pemikiran Islam ke jalan-jalan yang mencapai pemenuhan pola rencana Allah SWT



Dosen Tamu : Drs. A. Toto Suryana, M.pd.

     Muncullah sekularisme di Eropa yaitu dipisahkan antara agama dengan ilmu pengetahuan. Perlunya islamisasi agar manusia tetap manusiawi. Dengan Iman dan ilmu tidak bisa dipisahkan semakin ilmunya tinggi semakin kuat imannya. Dalam pembelajaran bagaimana setiap pelajaran muncul nilai-nilai spiritual. 

Dalam QS. Al-Anbiya’ ayat 30 yang artinya : 

Ayat 30 menyebutkan, "Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulu menyatu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air. menjelaskan penciptaan alam semesta serta kepastian akan datangnya kematian bagi manusia. Sumber utama kehidupan yaitu air. Dalam Islam hukum-hukum alam adalah Sunnatullah. 




Tutorial SPAI..

#Berpikir Cerdas

#Bekerja Ikhlas

#Selalu Istiqomah 

#Allahu akbar


Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.. 

Komentar

Postingan Populer